Penyebab Usaha Modal Kecil Berakhir Gulung Tikar

  Memulai bisnis atau usaha bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah Usaha Modal Kecil


Tidak bisa dipungkiri resiko dalam menjalankan suatu usaha. Di balik banyaknya yang sukses hingga titik akhir, ada pula yang harus gulung tikar. Usaha apapun itu, pasti memiliki tantangan dan resiko. Yang terpenting adalah bagaimana memperbaiki. Ada beberapa penyebab usaha dengan modal kecil bisa gulung tikar:

1. Rencana Bisnis Yang Tidak Matang

Perencanaan yang baik akan memudahkan dalam mengembangkan usaha. Dengan begitu, ada tujuan yang hendak dicapai sehingga berjalan dengan teratur. Usaha apapun itu, besar atau kecil memang wajib memiliki rencana jangka pendek dan jangan panjang. Harus pula menjalankan banyak strategi untuk menggapai apa yang hendak dicapai.

Pengusaha akan sangat mudah bangkrut ketika menjalankan seenaknya saja dan tidak memiliki tujuan yang jelas, sekedar jalan tapi tidak menentukan arah yang sebenarnya.

2. Tidak Dijalani Dengan Sepenuh Hati

Banyak pengusaha yang merintis bisnisnya dengan semangat menggebu di awal-awal saja. Setelah tiba di pertengahan, dia cenderung bosan sehingga bisnis berjalan tidak dengan sepenuh hati. Hal ini berbahaya karena bisa mengancam nasib usaha sendiri.

Penyebab ini banyak terjadi di kalangan pengusaha skala  kecil sehingga sulit berkembang. Jadi, sebelum memulai merintis suatu bisnis harus benar-benar memantapkan hati.

3. Kurang Promosi

Dalam berbisnis, pemasaran adalah hal yang sangat penting bahkan terbilang wajib. Apa guna memiliki barang yang berkualitas tinggi jika tidak banyak yang mengenal dan mengetahui.

Khusus di era modern, sangat disayangkan jika teknologi tidak digunakan untuk meraup rupiah dan memudahkan pengusaha. Sebagai langkah awal, mempromosikan produk di sosial media dan lingkungan sekitar sangat penting agar usaha yang dirintis bisa terkenal.

4. Bersikap Pasif

Kemampuan membangun jaringan sangat penting bagi pengusaha, hal ini lambat laun akan mempengaruhi usaha sendiri. Pengusaha mustahil memiliki banyak pelanggan jika hanya duduk, diam, menunggu. Sangat dianjurkan berinteraksi di berbagai kalangan. Selain mendatangkan pelanggan, juga mendapatkan banyak ilmu sebagai bekal menjalankan usaha.

Baca Juga : Apa Itu Wirausaha ?
Baca Juga : Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Demikianlah ulasan tentang usaha modal kecil yang bisa dirintis sendiri, apapun profesinya. Membuka usaha kecil atau  besar sangat bagus di era milenial sekarang.

Mengingat dan melihat kondisi yang menjadikan para pebisnis semakin di depan dengan berbagai cara kreatif masing-masing. Tidak memerlukan bakat untuk menjadi pengusaha sukses, cukup dengan semangat kerja yang tinggi.

LihatTutupKomentar