Apa Itu Wirausaha ? Pengertian - Tujuan - Manfaat Dan Contoh Wirausahawan

Apa Itu Wirausaha ? Pengertian kewirausahaan adalah kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan bermanfaat.

 Apa Itu Wirausaha ? Pengertian kewirausahaan secara umum adalah kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.

Sedangkan menurut harfifah yang lain menjelaskan bahwa Wirausaha Adalah orang yang memiliki kemampuan melihat serta menilai peluang-peluang bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mengambil sebuah tindakan yang tepat guna untuk meraih kesuksesan. Wirausaha biasa disebut Entrepreneur, seorang yang yang membangun sumber daya kerja, orang yang membawa perubahan, inovasi yang mampu meningkatkan suatu nilai yang lebih besar dari sebelumnya.


Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin sudah mengenal bahkan sering mendengar istilah “Wirausaha”. Biasanya wirausaha itu identik dengan pekerjaan seseorang. Nah lalu apa itu wirausaha? Seperti apakah wirausaha itu? Nah pada pembahasan ini kami akan mengulas tentang definisi wirausaha agar teman-teman bisa paham seperti apa yang dimaksud wirausaha.

Di sini selain kami bahas pengertian wirausaha secara etimologi juga kami bahas tentang pengertian wirausaha menurut para phli. Tidak hanya itu di sini juga kami tuliskan apa saja ciri ciri wirausaha dan juga untuk apa tujuan wirausaha itu.

Kehidupan monoton terkadang membuat jenuh. Bagi orang yang telah memiliki pekerjaan saja terkadang merasa semu dengan kesehariannya. Pergi pagi pulang malam tanpa pernah menikmati hidup dengan menentukan sendiri jam kerjanya. Apalagi yang tidak memiliki kegiatan yang produktif. Terkadang seseorang yang tidak memiliki kegiatan produktif cenderung lari ke hal-hal yang bersifat negatif.

Kondisi tersebut boleh dibilang membatasi kelebihan yang kita punyai. Sebab itu saatnya anda untuk menjadi manusia mandiri yang mampu berdikari alias berdiri diatas kaki sendiri.

Manusia mandiri tercermin dari seorang wirausahawan,  Seseorang yang mampu menikmati hidup dan menghidupi orang lain dengan usaha sendiri. Lalu apa arti dari wirausahawan itu?Pengertian bebas dari wirausahawan atau yang kerennya disebut entrepreneur adalah orang yang menggeluti wirausaha dengan kemampuan atau bakat mengenali peluang usaha atau produk, menentukan arah usahanya serta menguasai cara produksi, pemasaran dan manajemen modalnya.

Bekerja sebagai seorang wirausahawan memang penuh resiko. Tetapi resiko yang wirausahawan ambil bukanlah resiko yang ekstrim layaknya menjadi seorang penjudi. Resiko yang berani seorang wirausahawan ambil adalah resiko yang telah diperhitungkan melalui perencanaan dan persiapan.

Berwirausaha tidak harus selalu menemukan peluang bisnis baru. Anda juga bisa mengembangkan usaha yang sudah ada. Nikmatnya menjadi seorang wirausahawan adalah mewujudkan visi menjadi kenyataan dengan bekerja keras. Selain itu menjadi seorang wirausahawan juga membantu anda melatih diri dan mengembangkan karakter anda.  Ada saja hal-hal yang baru dan menarik yang bisa anda temukan dalam kehidupan berwirausaha. Jatuh bangun sudah biasa, terus maju luar biasa.

Menjadi seorang wirausahawan berarti anda telah membuka cakrawala baru dalam hidup dan berani mengambil tindakan. Sebuah mitos menyebutkan kalau wirausahawan itu dilahirkan bukan diciptakan. Hal ini jelas keliru sebab menjadi seorang wirausahawan adalah sebuah pilihan. Wirausaha mengajak anda menjadi seorang profesional, membuat anda mendapatkan pengakuan atas usaha anda sendiri. Saatnya untuk menggali diri dengan mengenali jiwa pengusaha dalam diri anda.

Pengertian Wirausaha

Setelah anda mengetahui tentang pengertian kewirausahaan, maka sudah barang tentu anda tahu apa arti wirausaha itu sendiri. Hal itu karena pengertian wirausaha sederhananya adalah orang yang menjalankan wirausaha itu sendiri. Berikut tiga ahli yang memberikan tanggapan tentang apa pengertian wirausaha atau entrepreneur itu.

Wirausaha atau enterpreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan (Geoffrey G. Meredit et ak, 1995)

Enterpreneur atau wirausaha adalah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial (Skinner, 1992).

Wirausaha atau entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Wirausaha memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan dan membuat keputusan keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan (Say, 1996).

Bagaimana, anda sudah mengerti tentang apa pengertian wirausaha dan kewirausahaan? Kalau begitu kita beranjak ke apa ciri ciri wirausaha dan tujuan kewirausahaan itu

Contoh Wirausaha

Seseorang dikatakan wirausaha sudah tentu memenuhi definisi wirausaha itu sendiri, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca  ciri ciri wirausaha dibawah ini:

1. Memiliki keberanian mempunyai daya kreasi

Seorang wirausaha haruslah memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau tidak takut untuk bermimpi dan merencanakan. Segala ketakutan akan sia sia dalam bermimpi dan berencana haruslah dihilangkan. Setidaknya harus diingat STOP (Stop “berhenti, Think “berpikir”, Observation “Observasi” dan Plan “rencana”) apabila terjadi hal hal yang membuat ide tersebut tertunda atau mandek.

2. Berani mengambil risiko 

Seseorang dikatakan wirausaha apabila memiliki sifat berani mengambil risiko, hal ini tentu saja harus sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan serta pengamatan yang dilakukannya terhadap ide yang dimilikinya.

3. Memiliki semangat dan kemauan keras 

Seorang dapat dikatakan wirausaha selain berani mengambil risiko haruslah memiliki semangat dan kemauan yang keras untuk sukses

4. Memiliki analisis yang tepat 

Seseorang dapat dikatakan wirausaha apabila memiliki pengetahuan yang tepat untuk membuat analisis yang tepat, diusahakan mendekati 100 % benar

5. Tidak konsumtif 

Ini adalah penyakit untuk masa sekarang. Seorang wirausaha haruslah tidak konsumtif atau setidaknya, konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya

6. Memiliki jiwa pemimpin 

Jiwa pemimpin harus dimiliki seorang wirausaha. Dengan ini, mereka mampu mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju.

7. Berorientasi pada masa depan 

Sudah jelas, bila anda seorang wirausaha yang inovatif dan kreatif dan memiliki ciri ciri wirausaha yang lain maka anda akan memiliki kemampuan ini.

Ciri - Ciri Wirausahawan

  • Yakin terhadap produk yang dimiliki 
  • Mengenal sangat banyak produknya 
  • Tidak berdebat dengan calon pelanggan 
  • Komunikatif dan negosiasi Ramah dalam pelayanan 
  • Santun Jujur dan berani
  • Menciptakan transaksi

Tujuan Berwirausaha

Berikut beberapa tujuan dari seorang wirausaha yang seharusnya:

Berusaha dan bertekad dalam meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dengan kata lain ikut serta dalam mengader manusia manusia calon wirausaha untuk membangun jaringan bisnis yang lebih baik

Ikut serta dalam mewujudkan kemampuan para wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan Negaranya


Ikut serta dalam menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran serta orientasi kewirausahaan yang kokoh.

Menyebarluaskan dan membuat budaya ciri ciri kewirausahaan disekitarnya terutama dalam masyarakat

Mengembangkan dalam bentuk inovasi dan kreasi agar tercipta dinamika dalam kewirausahaan atau dunia bisnis sehingga kemakmuran dapat tercapai

Manfaat Berwirausaha

Manfaat berwirausaha yang didapat dengan adanya wirausaha yang ulet dan tangguh antara lain:
  • Menambah daya tampung tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  • Mendidik masyarakat agar hidup cerdas dan efisien.
  • Memberi contoh anggota masyarakat sebagai pribadi yang unggul dan patut diteladani.
  • Membantu orang lain dalam pembangunan sosial sesuai dengan kemampuannya.
  • Sebagai penggerak pembangunan lingkungan, pribadi, pemeliharaan lingkungan, dan kesejahteraan.
  • Memberi contoh cara bekerja cerdas, tekun tetapi tidak melanggar perintah agama.
  • Mendidik para karyawan agar menjadi orang yang mandiri, disiplin, tekun, dan jujur dalam menghadapi pekerjaaan.
Sekian artikel pembahasan tentang Apa Itu Wirausaha ? Pengertian - Tujuan - Manfaat Dan Contohnya, Bila ada yang kurang silahkan di tambahi lewat komen yang tersedia. jika bermanfaat silahkan sebarkan. Kita sambung di lain waktu. Terima kasih - Seputar Wirausaha

LihatTutupKomentar