Ad Code

Ticker

https://www.seputarwirausaha.com/search?&max-results=5

Tips Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

 Memulai bisnis atau usaha bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah Usaha Modal Kecil

Sebelum memulai usaha, harus memaksimalkan dulu segala sesuatunya. Tidak hanya dari persiapan modal tapi juga mental. Banyak yang harus berakhir gulung tikar hanya karena persiapan yang tidak matang. Berikut ini tips memulai usaha meski dengan modal kecil.



1. Cari Bidang Berdasarkan Minat

Membuka usaha tidak sekedar sesuai dengan kondisi lingkungan atau yang sedang trend. Tapi juga kenali diri sendiri terlebih dahulu, apakah sesuai dengan kesenangan atau minat yang dimiliki. Jika harus mempelajari dari nol sedangkan usaha yang dilakukan telah berjalan hanya akan membuat kewalahan.

Jadi, sebisa mungkin mendirikan usaha yang sesuai dengan bakat dan minat, minimal mengetahui seluk-beluknya. Cara ini akan lebih efektif, apalagi jika menjalankannya secara konsisten. Sesuatu yang dikerjakan sesuai minat akan memberikan hasil yang berbeda dibanding pekerjaan yang dituntut oleh hal tertentu.

2. Memulai Dari Skala Sederhana

Memulai usaha dari skala sederhana cenderung lebih cepat dikerjakan tanpa menunda karena tidak terlalu memikirkan banyak beban. Tapi perlu diingat bahwa memulai dari skala sederhana, maka penjualan pun akan terbatas. Usaha ini dapat dikembangkan secara bertahap sambil menyusun strategi yang tepat untuk berkembang.

3. Mulai Dari Pasar Yang Mudah Dijangkau

Memulai bisnis tidak harus meluas dan langsung menyebar ke banyak orang yang tidak dikenal. Cukup perkenalkan usaha yang dirintis kepada orang-orang terdekat lebih dulu, hal ini lebih bisa membantu berkembang karena mendapatkan konsumen yang terpercaya. Jadi, dahulukan memasarkannya kepada keluarga atau siapapun yang lebih mudah dijangkau.

Ide Usaha Modal Kecil

 Memulai bisnis atau usaha bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah Usaha Modal Kecil

Tidak sedikit yang urung membuka usaha karena mengaku tidak memiliki banyak dana. Padahal, besar kecilnya modal tidak mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha.

Baca Juga : 

Bagi yang ingin memulai usaha, tidak perlu berkecil hati jika uang di kantong masih terbatas. Cukup dengan strategi yang tepat dan optimis menjalankannya. Berikut ini peluang usaha modal kecil :

1. Menjual Menu Sarapan di Rumah

Banyaknya kesibukan di pagi hari bagi para pekerja membuatnya mencari yang instan saja. Ini akan menjadi peluang bagi yang ingin membuka usaha di rumah. Jenis usaha ini memang mudah dijalankan oleh siapa saja. Saat ini memang telah banyak berjejeran warung-warung makanan di pinggir jalan, tapi tidak ada salahnya mencoba dan menciptakan inovasi baru.

Usaha ini hanya membutuhkan modal sekitar 3 juta. Bagi yang memiliki jam kerja fleksibel di pagi hari, bisa juga menjadikannya usaha sampingan. Selain dana, hanya perlu bermodalkan pengetahuan memasak dengan cita rasa yang berbeda dari yang lainnya. Tidak perlu menyajikan menu sarapan yang rumit, cukup yang sederhana saja tapi memuaskan pelanggan.

2. Jasa Laundry

Zaman sekarang merupakan zaman serba praktis, tidak hanya wanita laki-laki single saja yang terkadang menjadi pelanggan. Tapi juga para perempuan yang memang merupakan wanita karir. Mencuci pakaian sepertinya terlalu menyita waktu sehingga membutuhkan jasa yang bisa menjadikan semua cucian beres.

Hal ini membuka peluang lebih besar untuk usaha dengan modal kecil. Hanya memerlukan mesin cuci, pengering, detergen, pewangi, timbangan, setrika dan plastik. Keuntungan yang didapat lumayan menguntungkan. Apalagi memilih tempat yang memang didominasi oleh mahasiswa atau pekerja.

Modal yang dibutuhkan berkisar 6 juta. Dengan demikian, bisa meraup keuntungan 15 sampai 25 persen per kilo. Cukup menggiurkan.

3. Jasa Cuci Motor/Mobil

Memiliki kendaraan motor atau mobil sepertinya menjadi sebuah keharusan. Mengingat ada banyak hal yang harus dikunjungi, bahkan ke tempat kerja atau kampus saja perlu kendaraan. Karena itulah semakin banyak yang memiliki kendaraan, peluang besar bagi yang ingin membuka usaha.

Memilih tempat yang tepat bisa menjadikan usaha jasa cuci motor dan mobil dapat menguntungkan.  Usaha ini bisa dimulai di rumah sendiri jika memang merupakan tempat yang cukup ramai. Segala sesuatunya memerlukan modal 2 juta, mulai dari pompa air hingga peralatan pembersih atau semir.

4. Usaha Fotocopy Dan Printer

Ide usaha ini cocok bagi yang berada di area kantor atau sekolah. Jika berada di tempat yang tepat dan strategis, usaha ini akan memberikan keuntungan yang banyak. Mengingat saat ini anak sekolahan atau mahasiswa sangat membutuhkan untuk pemenuhan tugas. Tidak perlu memasang harga yang mahal agar pelanggan tidak berpindah tempat.

Usaha ini memerlukan modal 2 juga untuk membeli printer yang sudah memiliki fitur fotokopi dan scanning. Alangkah baiknya jika sekaligus melayani jasa jilid buku.

5. Membuka Usaha jasa Menjahit

Tidak semua pakaian yang tersedia di toko diminati oleh semua orang. Khususnya wanita yang gemuk atau terlalu kurus akan kesulitan mencari pakaian yang cocok. Ada pula yang ingin membuat pakaian yang sama dalam jumlah banyak. Yang menjadi sasaran adalah jasa penjahit.

Bagi yang memiliki bakat di dunia fashion dan pintar menjalankan mesin jahit, usaha ini bisa menjadi pilihan meski dengan modal minim. Cukup dengan kreatifitas tinggi, serta mampu mendesain model-model trendi. Tidak perlu ragu dalam menjalankan usaha ini disebabkan banyaknya saingan, setiap orang memiliki keahlian yang berbeda.

Diatas merupakan secuil Tips Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

Posting Komentar

0 Komentar