Ide Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil

 Memulai bisnis atau usaha bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah Usaha Modal Kecil

Memiliki satu pekerjaan memang sudah cukup memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, tapi tidak bisa dipungkiri sifat kurang puas manusia.



Adanya penghasilan tambahan di luar pekerjaan pokok memberikan daya tarik tersendiri. Tentu saja lebih bebas membeli apa saja yang diinginkan. Bagi yang ingin memiliki usaha sampingan tapi minim modal, bisa mencoba jenis usaha berikut:

1. Jual Jajanan Pasar

Bagi yang memiliki hobi memasak, tidak ada salahnya membuka usaha membuat jajanan favorit masa kini. Misalnya pastel, risol, dan sebagainya. Tidak memerlukan modal besar, jika buatannya enak pasti untungnya berlipat-lipat. Selain itu, jenis usaha ini juga tergolong mudah dilakukan.

2. Toko Kelontong

Jualan snack, kopi, roti, air minum di rumah sendiri juga bisa menjadi pilihan bagi yang ingin membuka usaha sampingan. Berbekal modal 3 juta-an sudah cukup untuk membuka toko kelontong. Jika sudah mendapat keuntungan banyak, bisa mengembangkan usahanya jadi jualan sembako.

3. Reseller Pakaian

Usaha sampingan ini cocok dilakukan oleh mahasiswa yang biasanya punya waktu cukup fleksibel. Berbagai jenis pakaian yang bisa dijajakan ke sesama teman, tentu saja membuka peluang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan di sela jam sibuk.

Tidak hanya dijual secara offline tapi juga online, dengan begitu pemasarannya akan semakin meluas. Jika mengerjakannya secara konsisten dan sudah dikenal publik, saatnya membuka toko atau brand sendiri. Bukankah menakjubkan seorang mahasiswa memiliki usaha sendiri, bahkan dirintis sebelum sarjana.

4. Usaha Kerajinan Tangan

Bagi yang memiliki kreatifitas tinggi, bisa menggunakan bakatnya dalam mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha kerajinan tangan juga termasuk jenis usaha yang bermodal kecil. Bisa memilih bahan yang lebih mudah dijangkau.

Usaha sampingan ini mungkin masih pada skala sederhana. Tapi jika berhasil membuat karya yang unik, tentu saja lambat laun akan menjadi besar dan terkenal. Ada banyak pengrajin yang kini terkenal hingga mancanegara hanya dari usaha kecil tapi si luar dugaan manusia pada umumnya.

5. Menjual Gorengan

Tidak sedikit orang yang sukses dari menjual gorengan. Memang terdengar remeh karena saat ini penjual gorengan hampir membanjiri sudut-sudut tempat. Tapi lagi-lagi tentang kreatifitas, setiap orang mempunyai cara sendiri untuk meracik resep. Barangkali bisa menciptakan jenis gorengan yang belum ada di tanah air.

Usaha Modal Kecil Di Desa Terpencil

 Memulai bisnis atau usaha bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah Usaha Modal Kecil

Peluang usaha di pedesaan merupakan program yang sedang ingin dikembangkan pemerintah. Mengingat di desa menjadi lokasi yang unik dan kaya akan sumber daya alam. Ada banyak desa terpencil yang menjadi tujuan wisata meski jangkauannya sangat sulit. Hal ini cukup menjadi peluang untuk mengembangkan usaha. Berikut ini beberapa ide usaha di desa terpencil

1. Usaha Pembuatan Makanan Kecil

Ada beragam jenis makanan yang bisa dibuat dari bahan potensi lokal. Jika di daerah setempat didominasi oleh tanaman pisang, bisa membuat kripik pisang dengan cita rasa yang berbeda. Meski dengan modal kecil, bisa dipastikan akan dapat meraup keuntungan yang banyak jika bekerja sama dengan penduduk setempat untuk memasarkan.

2. Membangun Usaha Bersama

Ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan bersama-sama warga setempat atau anggota komunitas. Keunggulan dari cara ini adalah dapat memperoleh dana dari masing-masing anggota komunitas sehingga tidak terlalu membebani. Contoh usaha yang dapat dilakukan adalah petani kelapa sawit. Hal ini memudahkan pembagian tugas, misalnya bertani, membeli pupuk, menyediakan bibit, dan lain sebagainya.

3. Mengelola Wisata

Bagi pedesaan yang memiliki pesona wisata yang indah, hal ini menjadi kesempatan bagi warganya untuk bekerja sama mengembangkan tempat wisata. Tempat wisata akan lebih terorganisir jika membentuk kelompok yang dapat memajukan desa. Tidak memerlukan dana yang besar, secara bertahap akan mendapatkan banyak keuntungan.

4. Membuat Aksesoris

Hampir semua tempat memiliki penduduk yang berbakat dalam berkarya atau membuat aksesoris unik. Bahan yang digunakan bisa memanfaatkan potensi alam setempat. Seperti yang dilakukan masyarakat Dayak yang membuat aksesoris dari manik-manik khas Kalimantan.

Hal yang sama bisa dilakukan dengan berbagai bahan, misalnya kayu, kulit, kain dan sebagainya. Di Bantul, banyak kerajinan yang terbuat dari kulit-kulit sisa pabrik tas. Harganya terbilang mahal karena keunikannya yang memukau. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin membuka usaha meski dengan modal kecil.

Tips Membuka Tempat Usaha Dengan Modal Kecil

 Memulai bisnis atau usaha bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah Usaha Modal Kecil

Membuka usaha memerlukan tempat yang bisa digunakan. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Namun membangun tempat terkadang menjadi kendala bagi kebanyakan pelaku usaha karena minimnya modal yang dimiliki. Tips di bawah ini dapat dilakukan jika ingin membuka tempat usaha tapi dengan modal pas-pasan.

1. Bergabung Dengan Pelaku Usaha Lain

Tidak ada salahnya mengajak pelaku usaha yang lain untuk bekerja sama dan menyewa tempat strategis. Dapat pula mengajak yang memiliki target konsumen yang sama. Hal ini akan meringankan beban pengusaha jika menginginkan tempat khusus namun memiliki modal sedikit.

2. Bekerja Sama Dengan Pemilik Tempat

Cara lain yang lebih efektif adalah mengajak bekerja sama dengan pemilik tempat. Dengan cara ini, mungkin saja dapat mendapatkan tempat tanpa biaya apapun jika pemilik berminat melakukan sistem bagi hasil. Hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

Setelah usaha yang dirintis mulai berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan, sudah bisa membangun tempat sendiri. Tidak masalah jika harus menumpang dulu, sesuatu yang besar memang berawal dari hal sederhana yang dikerjakan secara konsisten.

3. Mencari Tempat Di Lokasi Non Strategis

Biasanya tempat yang letaknya tidak strategis lebih murah dibandingkan dengan tempat lainnya. Hal ini karena mempengaruhi konsumen. Tapi, dengan menggunakan kemajuan teknologi bisa saja mendatangkan konsumen secara mudah.

Selain itu, usaha yang sudah terkenal secara luas tidak akan mempengaruhi tempat berjualan. Berada di luar jangkauan pun akan tetap dikejar pelanggan jika memang bisnisnya sudah maju. Jadi, tempat strategis lambat laun tidak terlalu memegang peranan penting.

LihatTutupKomentar